cara memperbaiki ram dengan baik

Cara Membersihkan Memory RAM Komputer Yang KCara Membersihkan Memory RAM Komputer Yang Kotor - Komputer yang saya dibeli sekitar tahun 2009 dengan spesifikasi deperti Procesor yang menggunakan Intel E 220 Conroe 2,2 GHz, RAM 1GB DDR2, Motherbord PC Chips P53G, serta Vga Card Asu EAH 5450 AMD Silent sudah bisa dianggap sebagai computer tua yang sudah tidak  layak lagi untuk dioperasikan, karena keterbatasan kemampuan yang hardware untuk bekerja dengan optimal seperti layaknya masih baru dan program atau aplikasi tak seberat program program baru saat ini.


Semakin sering digunakan, semakin banyak pula masalah yang ditemukan dan harus punya kesabaran ekstra untuk menggunakannya dalam waktu yang lama bila dipakai bekerja. Seperti yang saya alami tadi pagi saat akan mulai mengetik sebuah artikel, saat dihidupkan layar tiba-tiba putih dan terdengar suara bip berkali-kali. Suara bip berkali kali yang disertai gambar monitor yang blank merupakan tanda jika RAM Dalam Kondisi Kotor.cara memperbaiki ram dengan baik


Solusinya tentu saja dengan membersihkannya dari debu-debu yang tanpa kita sadari telah mengendap dan menyelubungi hamper sebagian besar komponen yang ada dalam case computer. Yang pertama kita lakukan untuk mengatasi suara bip yang terus menerus terdengar dan layar monitor yang blank, jangan panic karena ini adalah permasalahan klasik yang biasa kita temukan pada computer desktop.


Langkah selanjutnya adalah matikan computer dengan menekan tombol power dan menahannya beberapa detik, ini dilakukan karena kita tidak memiliki akses untuk mematikannya secara procedural yaitu menggunakan tombol shut down, karena dalam kondisi seperti ini kita tidak dapat masuk kedalam windows. 
Selanjutnya, matikan daya dengan mencabut kabel daya yang terhubung ke motherboard. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersengat tegangan listrik yang lumyan membuat kita bengong beberapa saat.

Alat Untuk Membersihkan Slot dan Memory RAM
  1. Obeng untuk membuka baut dari casing
  2. Kuas untuk membersihkan debu, atau bisa juga menggunakan vacuum seperti yang pernah saya lihat di TV saat Lejel Home Shoping mulai mendominasi siaran.

Cara Membersihkan Debu Yang Mengotori Komputerotor

  1. Gunakan obeng untuk membuka dua buah dengan obeng yang tentunya disesuaikan dengan ukuran dari baut pada case computer. Usahakan juga untuk menggunakan obeng yang memiliki ujung magnet agar baut yang berukuran kecil tidak jatuh dan hilang. Setelah itu letakkan kedua baut tersebut pada wadah seperti mangkuk agar mudah ditemukan.
  2. Langkah selanjutnya adalah membersihkan seluruh bagian dalam computer dengan kuas secara perlahan. Terlebih dahulu bukalah kabel data dan daya yang menghubungkan harddisk dengan motherboard serta kabel daya kipas tambahan jika ada. Jangan lewatkan bagian tertentu dari computer dan bersihkan secara merata. Mulai dari harddisk, motherboard, kipas processor hingga saluran udara.
  3. Selanjutnya adalah bersihkan Slot Memory RAM dengan perlahan sampai benar-benar yakin tidak ada debu lagi yang mengotori bagian tersebut. Dan ingatlah, debu inilah yang menyebabkan computer anda tidak bisa digunakan.
  4. Jika bagian bagian yang ada dalam case telah bersih, pasang kembali kabel data dan daya yang sebelumnya telah dibuka, dan cek lagi bagian lain yang mungkin saja terlepas saat memberishkan bagian motherboard dengan kuas. Setelah itu pasang kembali tutup case dan sambungkan dengan sumber listrik. Apabila langkah diatas telah anda lakukan, maka insya alloh suara bip secara terus menerus yang muncul saat dihidupkan akan berhenti serta computer dapat digunakan kembali seperti sedia kala.
  5. Sekian artikel singkat tentang memory RAM computer yang kotor dan akibat yang ditimbulkannya, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.


Gambar



No comments

Powered by Blogger.